SENYUM MEMBAWA LUKA

Posted: September 6, 2013 in Uncategorized
Tag:, , ,

Banyak yang meni1_1241486734872_flai syair lagu dangdut  (kecuali lagu Rhoma)  enteng saja, tidak dalam maknanya. Hmmm..mereka nggak tahu aja. Pernah dengar judul lagu dangdut “Senyum membawa luka?” isi syairnya memang enteng, tapi maknanya selera internasional,Bo. Mau bukti?

Masih ingat senyum Amrozi  si terpidana teroris yang telah dihukum mati itu? Senyum Amrozi menjelang kematiannya cukup membawa luka  banyak orang  wabil khusus pemerintahan Amerika dan Australia.Kedua negara ini benar-benar-benar murka melihat senyum  sosok yang sangat dibenci karena telah membunuh sejumlah warganya. Mereka membayangkan, dengan hukuman mati itu Amrozi pucat seperti mayat, hingga meraka bisa teriak,”rasain lu!”

Berikutnya Angie yang telah divonis yang konon katanya ringan itu. Selama persidangan, Angie selalau nampak modis, dan di luar ruang sidang kerap mengumbar senyum. Senyum inilah yang membuat banyak pihak terluka. Salah satunya Ratna Sarumpaet yang jarang tersenyum itu.

Dalam sebuah statusnya Ratna Sarumpaet menuliskan kebenciannya melihat senyum Angie:

“Moral apa yang kita janjikan pada anak-anak Indonesia kalau media terus menjajakan senyum TIDAK TAU MALU Angelina Sondakh? Media tidak salah perempuan koruptor ini TIDAK SEDIKITPUN MERASA BERDOSA. Tapi Media jangan larut dengan RATING. Hiburan mayoritas anak2 Indonesia adalah nongkrong di depan Televisi.”

Mari flashback sejenak ke masa orde baru. Presiden Soeharto waktu itu disebut “Jenderal  yang  selalu tersenyum.” Pada awal menjelang reformasi, senyum itu banyak membuat luka para aktivis. Seolah senyum itu mengecilkan dan mengejek  gelombang gerakan reformasi.

Senyum Amrozi,Angie,Soeharto membuktikan bahwa senyum bukan sekadar tarikan 16 otot muka , atau menggugurkan teori jurnal Psycological Science  yang menyebut usia orang yang sering tersyenyum lebih lama 7 tahun dibandinkan dengan yang tidak pertnah tersenyum. Buktinya, setelah senyum yang menghebohkan itu, dalam hitungan jam Amrozi mati.

Barangkali suatu saat dipelukan peraturan baru perihal larangan tersenyum bagi teroris, koruptor, dan presiden yang betah 32 tahun berkuasa. Misalnya, bagi koruptor yang tersenyum di depan umum akan ditambah hukumannya. Tentu saja peraturan itu bisa membuat banyak orang tersenyum, lumayan memperpanjang umur 7 tahun kepada banyak orang.

18 Januari 2012

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s