Syarat Keterwakilan Perempuan

Posted: September 7, 2013 in Uncategorized
Tag:, ,

Bukan cuma dukun yang mketerwakilan perempuan_1172x800inta syarat rada aneh, KPU juga. Tiga Parpol besar tidak lolos verifikasi karena tidak memenuhi syarat keterwakilan 30 persen perempuan. Ini syarat yang rada aneh,walaupun syarat ini berkat perjauangan para aktivis perempuan. Menurut saya syarat ini merendahkan kaum perempuan. Dengan syarat ini, berarti perempuan yang meniti karirnya di politik bukan karena usaha keras dan persoanlitynya, tapi karena dipaksa oleh persyaratan KPU. Beda tipis dengan KKN.

 Megawati menjadi presiden bukan karena dia perempuan, tapi karena rakyat yakin dia mampu mengatasi masalah bangsa saat itu. Sekarang dia masih bertahan menjadi ketua Partai bukan krena dia perempuan, tapi karena hasil perjuangan dari bawah , hingga sukses bersama partai.

SBY terpilih menjadi presiden menurut kabar, pemilihnya banyak kaum perempuan, padahal saingannya waktu itu Ibu Megawati. Jadi pertanyaannya, suara siapa sebenarnya yang menginginkan keterwakilan kaum perempuan di parpol? Suara kaum perempuan? Atau hanya segelintir aktivis perempuan?

Dengan syarat keterwakilan ini, merendahkan kinerja kaum perempuan yang berjuang dari bawah hingga mencapai posisi puncak di parpol. Merekalah perempuan yang hebat, bukan diaktrol oleh syarat KPU hingga dengan lenggang kangkung menjadi pengurus teras Parpol.

Berhubung konon kabarnya perempuan kurang tertarik pada poltik, maka bisa dibayangkan betapa sulitnya parpol berburu caleg perempuan. Seandainya karena ingin memenuhi syarat KPU ketiga Parpol itu mencari perempuan yang tidak kredibel dalam bidangnya, pokoknya yang penting KPU senang sudah ada sosok 30 persen perempuan, nanti parpol juga yang disalahkan. Hmmm itulah kalau perjuangan gender dijajakan kemana-mana.

12 Nopember 2012

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s