ISG cuma Ajang Olah Raga Berlabel Islam

Posted: Oktober 1, 2013 in Uncategorized
Tag:
isg

isg

Perhelatan Islamic Game Solidarity (ISG ) memang gaungnya kurang terasa nyaring. Malah yang agak nyaring adalah pertanyaan, “Apa bedanya ISG dengan pertandingan olah raga tingkat internasional lainnya?” Tadinya munkin banyak orang membayangkan, paling tidak pakaian atletnya agak berbeda, karena membawa nama Islam. Kalau kita melihat pertandingan Voilly putri di kampung, kita bisa menyaksikan, tujuh puluh lima persen atlitnya menggenakan busana olah raga muslimah lengkap dengan jilbabnya. Tapi dalam ajang ISG, pakaian atletnya tidak berbeda dengan ajang internasional lain. Lalu apanya yang Islami?

Persaudaran Negara-negara Islam ini memang bukan terdiri dari Negara-negara Islam. Ada Negara Islam seperti Arab Saudi, ada Negara sekular yang mayoritas Islam seperti Indonesia dan Turki. Atltetnya juga terdiri dari berbagai Agama. Dan memang tidak ada aturan atletnya harus muslim. Mungkin Anda kurang mengenal latar belakang atletnya, tapi tentu Anda sangat mengenal pemaian sepak bola kita. Setidaknya bisa dijadikan keberagaman latar belakang keyakina atletnya.

Jadi tidaklah relevan jika ada pertanyaan, “Kenapa para atlet ISG tidak mengenakan busana olah raga muslim?” Karena ajang ini memang bukan perhelatan Negara-negara Islam. Sebagai gambaran, Turki misalnya, di Negara itu ada SK Pelarangan Jilbab bagi pegawai negeri sipil. Baru-baru ini memang SK itu telah dicabut, tapi masih terbatas pada pegawai negeri sipil. Kejaksaaan, kepolisian, dan angkatan bersenjata SK itu masih berlaku.

Jika ada yang bertanya, “ Lalu apa tujuan menyelenggarakan ajang olah raga yang berlabel Islam? “ Itu juga pertanyaan saya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s