Tuhan Impor, Tuhan Produk Dalam Negeri

Posted: Desember 10, 2013 in Uncategorized
Tag:, , ,

agamaAda yang menarik dalam acara Debat di TV one, senin malam 9 Desember 2013. Nara sumber dari penghayat kepercayaan mengatakan, agama yang diakui oleh Negara ( Islam, Kristen, Katholik, Budha, Hindu,Kong Hu cu ) adalah agama impor. Berarti dengan kata lain “Agama” penghayat adalah “agama” aseli produk dalam negeri. Bahkan, kata nara sumber itu, penghayat sudah ada sebelum Indonesia lahir.

Saya sih tidak mau masuk dalam subtansi perdebatan itu yang menyoal pencantuman semua agama dan penghayat pada KTP. Biarlah itu sudah ada yang ngurus. Saya cuma tergelitik soal istilah agama impor itu. Berarti Tuhannya juga Tuhan impor. Islam Tuhan impor dari Arab. Kristiani Tuhan impor dari Eropa, Hindu Tuhan impor dari India, Budha Tuhan Impor dari Cina. Tuhan produk dalam negeri adalah milik para penghayat.

Sekali lagi, saya tidak tertarik bicara soal keberagaman kepercayaan. Itu hak masing-masing individu. Cuma istilah agama impor itu punya impilkasi yang luas.Produk Impor kan punya wilayah terbatas. Tuhan yang berasal dari Arab cuma punya kekuasan terbatas di tanah Arab. Tuhan dari Eropa punya kekuasan terbatas di Eropa. Lalu kalau keduanya mau invasi, nggak perlu repot menyadap, bukankah Tuhan maha mendengar?

Impilkasi lain dari istilah itu bagi penganut Agama samawi ( Islam, Kristen, Katholik, Yahudi ) adalah keberadaan umatnya. Pemeluk agama samawi optomatis adalah manusia impor karena kan mereka percaya sebagai keturunan Adam yang diturunkan ke bumi karena berdosa memakan buah terlarang. Karena saya penganut salah satu agama samawi itu, berarti saya bukan manusia produk lokal tapi manusia impor dari surga. Amin.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s